Pekerjaan Shear Wall dan Core Lift

0 comments
Pekerjaan shear wall dan core lift melibatkan beberapa kegiatan antara lain adalah Penentuan titik-titik as shear wall dan core lift diperoleh dari hasil pekerjaan tim survey yang melakukan pengukuran dan pematokan, yaitu marking berupa titik-titik atau garis yang digunakan sebagai dasar penentuan letak bekisting dan tulangan kolom. Penentuan as kolom dilakukan dengan menggunakan alat theodolite.
Penulangan, pabrikasi tulangan shear wall dan core lift dikerjakan pada los pekerjaan pembesian. Pada saat pemasangan tulangan, digunakan tower crane untuk mengangkat tulangan yang telah dirangkai, dibutuhkan tenaga kerja yang terampil dalam pemasangan dan penyambungan pada shear wall dan core lift agar benar – benar tegak lurus seperti shear wall dan core lift yang berada dilantai bawahnya.
Bentuk dan ukuran shear wall dan core lift pada proyek ini adalah tipikal (sama), sehingga bahan bekisting shear wall dan core lift terbuat dari baja pula. Dengan penggunaan bahan baja ini akan lebih menghemat bahan dan biaya dalam pembuatan bekisting, karena dapat dipakai berulang-ulang
Beton ready mix didatangkan dari batching plant dengan mutu yang telah disyaratkan. Setelah nilai slump memenuhi persyaratan, maka beton ready mix dari concrete mixer truck dituang ke dalam concrete bucket, kemudian concrete bucket tersebut diangkat dengan tower crane menuju ke lokasi pengecoran. Pada saat pemindahan, concrete bucket ditutup/dikunci agar tidak tumpah. Tinggi jatuh penuangan beton disyaratkan sesuai dengan yang telah ditentukan (≤ 1,50 m) usahakan sedekat mungkin antara pipa tremie dengan permukaan beton lama. hal ini dilakukan untuk menghindari agregat kasar, terlepas dari adukan beton.
Pekerjaan shear wall, kolom yang menyatu pada shear wall dikerjakan bersamaan. Perbedaan mendasar dari pekerjaan kolom dan shear wall adalah:
  1. Pekerjaan shear wall mempunyai permukaan yang luas menyerupai dinding, sehingga pada pemasangan bekisting arah memanjangnya dipasang tie rod lebih banyak untuk mengurangi lendutan pada bekisting karena gaya tekan beton pada saat pengecoran tergolong besar. Pemasangan tie rod yang dilindungi oleh pipa PVC dimasukkan ke dalam shear wall /dinding geser.
  2. Pemasangan push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1 lebih dari 2 pada sisi memanjangnya.
gambar-shear-wall
Gambar 1.1 Detail  Pekerjaan Shear Wall
keterangan gambar
  • push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1
  • push pull prop RSS1 dan kickers brace AV1
  • Wing nut
  • Kolom
  • tie rod pipa
bekisting-shear-wall
Gambar 1.2 Tampak Depan Bekisting Shear Wall
shear-wall

Gambar 1.3 Pekerjaan Curing pada Shear Wall

Sumber : http://www.ilmusipil.com/pekerjaan-shear-wall-dan-core-lift
Share

Comments

0 comments to "Pekerjaan Shear Wall dan Core Lift"

Post a Comment

FasaPay Online Payment System

My Web Link

FasaPay Online Payment System

Nugroho
PIN BB:

769F1020

 

Copyright © 2015 by Bloganol Converted into by Nugroho Hadi Kumoro